Fungsi-Fungsi Pemasaran Farmasi



Tujuan dari pada marketting / pemasaran ialah mengarahkan barang dan jasa ke tangan konsumen. Untuk ini diperlukan kegiatan-kegiatan tertentu. Berbagai jenis kegiatan dan proses yang diperlukan karena spesialisasinya didalam marketing itu disebut fungsi-fungsi marketing.


Fungsi-fungsi marketingdapat digolongkan 3 bidang kegiatan yaitu
1.  Bidang-bidang transaksi atau transfer yang meliputi :
- Pembelian (buying)
- Penjualan  (selling)
2.  Bidang kegiatan suplai fisik yang meliputi:
- Pengangkutan (transportasi)
- Pergudangan  (storage / penyimpanan)
3.  Bidang kegiatan penunjang untuk memperlancar arus kegiatan transaksi dan arus barang  yang meliputi :
§   Penjajaan (merchandising)
§   Standardising dan grading
§   Pembelanjaan (financing)
§   Penanggungan risiko (risk taking)
§   Informasi pasar (market information atau komunikasi)

Selanjutnya akan diuraikan satu persatu sebagai berikut :
1.       Fungsi pembelian
Kegiatan yang termasuk fungsi pembelian dalam pemasaran terdiri dari berbagai kegiatan yang berbeda-beda tetapi saling berhubungan yang dijalankan oleh pedagang besar dan pengecer. Kegiatan ini meliputi penyusunan implementasi dari kebijaksanaan -kebijaksanaan dan prosedur-prosedur penentuan kebutuhan dan keinginan tersedianya barang, negosiasi harga saat pengiriman dan hal-hal lain yang menyangkut pemindahan hak atau transaksi.
Fungsi pembelian (menurut Royburn D. Toisley / Eugene clarkphd/Fred e.clark Phd) dalam bukunya Principle of Management adalah sebagai berikut :
- Perencanaan dan penentuan produk yang akan dibelinya beserta spesifikasi, kwalitet dan kwantitasnya dan sebagainya.
Meliputi usaha mencari sumber-sumber dimana produk dapat dibeli atau diperoleh.
-   Melaksanakan perundingan dan syarat-syarat tertentu seperti kwalitas, model
- Persediaan benda-benda harus dikumpulkan dan dirakit untuk dipergunakan dalam bidang produksi atau perniagaan oleh para para produsen, para pedagang besar, pedagang eceran atau untuk konsumen pribadi.
- Perjanjian dibuat dan transfer hak milik terjadi

2.       Fungsi penjualan
          Dalam hal penjualan, sipenjual harus menentukan kebijaksanaan dan prosedur yang akan diikutinya untuk memungkinkan dilaksakannya rencana penjualan yang telah ditetapkannya.
Ada beberapa fungsi penjualan antara lain:
- penjualan dan pengembangAn produk
mencari kontak
- menciptakan permintaan melalui personal selling
- mengadakan perundingan.
fungsi kontak (mencakup persetujuan akhir untuk melaksanakan penjualan dan transfer hak milik )

3.       Fungsi pengangkutan
Pelaksanaan fungsi pengangkutan mempunyai sasaran untuk dapat memindahkan barang ke tempat tujuan yang diharapkan tepat dalam jumlah Waktu dan mutu (keamanan dan kerusakan) dengan biaya seminimal mungkin.
Pemilihan peralatan pengangkutan baik milik sendiri maupun disewa dapat dipilih dari berbagai alternatif sesuai dengan situasi dan kondisi, efektifitas dan efisiensinya. Berbagai alat pengangkutan antara lain : kereta api, truk, kapal laut, kapal udara dan sebagainya..

4.       Fungsi pergudangan.
Fungsi pergudangan melakukan kegiatan penyimpanan barang sejak selesai diproduksi atau dibeli sampai saat dipakai atau dijual di masa mendatang. Pergudangan menciptakan kegunaan waktu (time utility) dan dapat terjadi dimanapun juga sepanjang arus antara produsen dan konsumen. Dalam pemasaran fungsi pergudangan diperlukan karena beberapa faktor antara lain :
-  Antara waktu memproduksi dan waktu konsumsi sering berbeda, dikonsumsi setiap waktu tetapi dipanen pada musim tertentu.
-  Untuk menghindari kerusakan karena suhu (diperlukan alat pendingin)
-  Untuk menjaga kelancaran penjualan dan kontinuitas produksi
-  Untuk menghemat biaya karena membeli dalam jumlah besar mendapat rabat tertentu.
-  Untuk tujuan spekulasi

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan fungsi pergudangan. antara 1ain :
- fasilitas pergudangan yang cukup memadai
-  keamanan dan asuransi
-  jumlah dana yang dibutuhkan

5.       Fungsi penjajaan  (merchandising )
Adanya usaha untuk menawarkan produk kepada pembeli dilakukan dengan menjajakan atau mendagangkan barang.   Penjajaan dilakukan dengan menampilkan produk itu baik dalam mengenalkan dan mempertunjukkan, juga dengan mendemonstra -sikan dan menjelaskan identifikasi serta ciri-ciri produk tersebut.

6.       Fungsi standardisasi dan grading
Standar terdiri dari suatu daftar pengkhususan mutu atau grade yang harus dipenuhi oleh suatu barang tertentu. Grading adalah suatu tindakan memisahkan atau memeriksa barang-barang  menurut pengkhususan yang telah ditetapkan untak menentukan gradenya (atau tingkat mutunya). Fungsi standardisasi dan grading merupakan fungsi penunjang bagi keberhasilan atau kelancaran terjadinya transaksi yang telah menyebabkan perpindahan hak dan perpindaban fisik barang.

7.       Pembelanjaan ( Financing )
Fungsi perbelanjaan dari pemasaran ini tidak mencakup transaksi yang terdapat dalam produksi. Fungsi pembelanjaan mencakup pengelolaan sumber dana dan pengalokasian dana, termasuk pengaturan syarat pembayaran dan kredit yang dibutuhkan dalam rangka mengeluarkan barang atau produk dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai industri.
Kegiatan penyediaan dana yang diperlukan oleh produsen, perantara maupun konsumen untuk kepentingan proses marketing itu disebut fungsi financing.

8.       Penanggungan risiko (risk taking)
Resiko yang berkaitan dengan pemasaran mencakup penurunan mutu, kehilangan, kecurian, tidak berlaku lagi, perpanjangan kredit dan perubahan penawaran atau permintaan yang semua itu mempunyai dampak terhadap haknya. Agar risiko itu dapat dihindarkan atau di perkecil, maka terjadilah pengambilan risiko yang dilakukan oleh lembaga, misalnya perusahaan asuransi.

9.       Informasi pasar ( market information )
Informasi diperlukan sebagai data fakta yang dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dan penentuan kebijaksanaan pemasaran. Informasi pasar meliputi informasi tentang produk, harga, sistem promosi dan saluran distribusi yang digunakan oleh saingan serta tanggapan konsumen ataupun tanggapan serta selera konsumen terhadap produk serta produk yang kita salurkan. Informasi pasar dapat di peroleh berbagai sumber, seperti  bursa, berita harian, publikasi pemerintah, observasi dan studi pasar dan sebagainya.


Semoga Bermanfaat
Salam : Eko Putera Sampoerna 

Semoga apa yang tersaji dalam blog ini bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan jika ingin di sebarluaskan dengan mencantumkan sumbernya yaa :) terima kasih.

3 komentar

-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶. Fungsi manajemen Ȋ̊ήϊ sangat bermanfa'at untuk tugas saya ϑάη tepat skali

Sangat bermanfaat khususnya dalam pengerjaan tugas yang sedang saya lakukan!


EmoticonEmoticon